Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Vol. 14 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Di Kelas X14 SMA N 1 Kuta Utara

Wikanta, I Made Indra Adhi (Unknown)
Sumandya, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas X14 SMA N 1 Kuta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dalam 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada peningkatan hasil belajar matematika peserta didik sebagai tujuan dari penelitian yang dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2023 di SMA N 1 Kuta Utara dengan subjek penelitian pada peserta didik kelas X14. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus selama 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika peserta didik pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 60%. Sedangkan rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus II sebesar 77,5%. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus II mengalami peningkatan dan telah mencapai indikator keberhasilan penelitian ini, yaitu bahwa penelitian akan berhasil apabila sekurang-kurangnya 70% peserta didik tuntas belajar dengan skor sesuai harapan yaitu ≥ 75.

Copyrights © 2023