Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 2 No. 2 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Februari

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V SDN SIDOTOPO WETAN 1 SURABAYA

Vady Nisa Anugrah (Unknown)
Rika Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V SDN Sidotopo Wetan 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis quasi experimental dalam model non-equivalent control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling jenis purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 63 siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes kemampuan numerasi. Kemampuan numerasi sebagai variabel terikat sementara itu model Project Based Learning (PjBL) sebagai variabel bebas. Berdasarkan hasil analisis melalui independent t-test dua variabel diketahui bahwa thitung = 5,139 > ttabel = 1,999, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil tersebut berarti terdapat perbedaan kemampuan numerasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran dengan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V SDN Sidotopo Wetan 1 Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...