Sampah menjadi permasalahan secara universal yang dialami kebanyakan Negara-negara di dunia ini. Tanpa terkecuali pula permasalahan sampah juga dihadapi oleh Indonesia. Begitu pula yang dihadapi di Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul Kota Bltar mengenai penanganan sampah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu memaparkan strategi pelayanan publik Bank Sampah Matahari. Di penelitian yang dilakukan dengan mempergunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan datanya yaitu dilaksanakan dengan kegiatan pengamatan secara langsung di lokasi penelitian. Analisis yang dipergunakan adalah analisis yang berdasarkan pada faktor-faktor baik internal maupun eksternalnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang didapatkan dari hasil analisis SWOT (IFAS-EFAS) menunjukkan bahwa pelayanan publik Bank Sampah Matahari secara umum sudah dilaksanakan, akan tetapi perlu adanya peningkatan-peningkatan di antaranya penggunaan alat bantu berbasis teknologi, memberikan pelatihan secara berkala kepada masyarakat bagaimana cara mengenali dan mengolah ulang sampah tersebut dijadikan barang yang memiliki nilai ekonomi.
Copyrights © 2024