Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya pendidikan inklusi dalam memberikan pendidikan yang setara kepada anak berkebutuhan khusus di SDN Banyuajuh 2. Dengan menggunakan pendekatan campuran (mixed methods), data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sekolah inklusi di SDN Banyuajuh 2 berdampak positif terhadap perkembangan akademik dan sosial siswa dengan kebutuhan khusus, membantu mereka merasa lebih diterima, meningkatkan rasa percaya diri, dan kemampuan bersosialisasi. Siswa reguler juga mendapatkan manfaat melalui peningkatan toleransi, empati, dan pemahaman terhadap keragaman. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan kesiapan guru dalam mengelola kelas inklusi masih ada. Temuan ini diharapkan menjadi dasar bagi pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan inklusi yang lebih efektif di masa depan.
Copyrights © 2024