Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 2 No. 6 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Juni

ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA TOKO BAROKAH DI DESA GUNUNG SERENG KWANYAR

Fathur Rozi (Unknown)
Abdur Rohman (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Dalam bisnis, penerapan etika Islam berarti menjaga kejujuran dalam transaksi, memberikan informasi yang benar tentang produk atau jasa yang ditawarkan, tidak melakukan penipuan atau eksploitasi, serta memastikan bahwa keuntungan yang diperoleh adalah halal dan berkah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan etika bisnis Islam pada Toko Barokah di Desa Gunung Sereng Kwanyar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan pemilik dan pelanggan Toko Barokah, serta studi dokumentasi terkait aktivitas bisnis toko. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Islam di Toko Barokah memberikan contoh nyata bagaimana prinsip-prinsip kejujuran, keadilan, transparansi, dan tanggung jawab sosial dapat diimplementasikan dengan sukses dalam operasional bisnis. Komitmen terhadap etika bisnis yang berlandaskan al-Quran dan hadits tidak hanya meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan tetapi juga membangun hubungan harmonis dengan masyarakat sekitar, memberikan dampak positif yang luas, baik secara ekonomi maupun social.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...