Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 2 No. 6 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Juni

PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PEDAGANG NASI CAMPUR BADRUSSHOLEH GEGER BANGKALAN

Dofiruddin (Unknown)
Abdur Rohman (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2025

Abstract

Pelaku UMKM pasti akan menghadapi tantangan saat memperluas bisnis mereka. Untuk memulai dan menjalankan bisnis, harus ada etika karena penerapan etika akan mengarahkan kehidupan manusia ke arah kebahagiaan dunia, yaitu keuntungan materil, dan kebahagiaan akhirat, yaitu ridha Allah. Saat ini, bisnis syariah telah berubah. Banyak pelaku bisnis terlibat dalam transaksi riba, tidak jujur, gharar, penipuan, penimbunan, skandal, korupsi, kolusi, dan ijon.Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat masih belum menerima bisnis syariah, yang menyebabkan persaingan yang tidak sehat di antara para pelaku bisnis. Akibatnya, peneliti ingin mengetahui apakah pedagang nasi campur muslim yang tinggal di Kabupaten Bangkalan, di mana mayoritas pelanggannya beragama Islam, menerapkan etika bisnis Islam dalam operasi bisnisnya. Karena tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana etika bisnis islam diterapkan, penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dan menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Studi lapangan ini terjadi di Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui observasi (pengamatan) dan wawancara tentang temuan yang ditemukan pada Nasi Campur Pak Badrussholeh. Hasil observasi tersebut didasarkan pada prinsip-prinsip berikut: (1) Prinsip Kesatuan: standar kualitas pemilihan bahan sesuai dengan syariat Islam; (2) Prinsip Keadilan: memberikan upah dan gaji yang adil kepada pegawai; (3) Prinsip Kehendak Bebas: melakukan persaingan bisnis yang sehat; dan (4) Prinsip Tanggung Jawab

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...