Manajemen usaha yang tepat dalam sebuah usaha sangat dibutuhkan. Usaha keripik jagung dalam pelaksanaannya juga perlu manajemen yang baik untuk mencapai tujuannya secara optimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis model manajemen usaha yang dilakukan usaha keripik jagung tatochis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer melalui wawancara dan observasi langsung dengan pemilik usaha, dan data sekunder yaitu melalui kajian pustaka dari berbagai referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada manajemen produksi, manajemen pemasaran, dan manajemen sumber daya manusia yang dilakukan oleh usaha pengolahan keripik jagung secara keseluruhan sudah cukup baik. Pada manajemen produksi terdapat pengawasan/penyortiran bahan baku yang akan digunakan, manajemen pemasaran terdapat pendistribusian produk meluas, promosi memanfaatkan media sosial dan mengikuti pameran, serta menonjolkan positioning yang dimiliki produk dan pada manajemen sumber daya manusia pemilik memberikan pelatihan kepada karyawan, apresiasi berdasarkan evaluasi kinerja dan selalu mengadakan evaluasi bersama. Berbeda halnya dengan manajemen keuangan, secara keseluruhan belum cukup baik atau masih kurang, hal ini dikarenakan pemilik masih menggunakan pencatatan transaksi keuangan secara manual dan belum memanfaatkan software akuntansi.
Copyrights © 2024