Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournamet (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Kelas II UPTD SDN Socah IV Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen, desain yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan bentuk one grup pretest posttes design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas II. Adapun pengambilan sampel menggunakan non probality sampling dengan menggunkan sampling jenuh. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II berjumlah 26 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunkan obesrvasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teas Games Tournamet (TGT) berpengaruh terhdap hasil belajar siswa pada materi pecahan kelas II UPTD SDN Socah IV Kabupaten Bangkalan. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test diperoreh thitung sebesar 7.636 dan ttabel sebesr 2,059 nilai signifikan 0,000. Berdasarkan kriteria pengujian jika thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat dinyatakan nilai thitung > ttabel yaitu 7.636 > 2,059 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, adapun pada hasil sig.2 (tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh siginifikan pada penggunaan model pembelajaran pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournamet (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Kelas II UPTD SDN Socah IV Kabupaten Bangkalan.
Copyrights © 2024