Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan metode drill soal terintegrasi etnomatematika pada materi volume terhadap hasil belajar siswa Kelas IV SDN Gili Barat. Pada penelitian ini digunakan metode kuantitatif dengan model Quasi Experimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design sebagai metode penelitian. Hasil belajar sebagai variabel terikat sementara metode drill soal sebagai variabel bebas. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Gili Barat Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan, dengan teknik sampling yaitu total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi. Berdasarkan hasil analisis melalui Independent Sample t Test nilai pretest diketahui bahwa thitung = 0,390 < ttabel = 2,016 dan didapatkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,699 > 0,05 yang artinya tidak ada perbedaan antara nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah diberikan perlakuan diketahui bahwa thitung = 3,149 > ttabel = 2,016 dan diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0,003 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut berarti terdapat perbedaan yang signifikan nilai posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode drill soal terintegrasi etnomatematika pada materi volume terhadap hasil belajar siswa Kelas IV SDN Gili Barat Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan.
Copyrights © 2024