Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe Snowball Throwing pada siswa kelas III SDN Demangan 1 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas III SDN Demangan 1 Bangkalan Kabupaten Bangkalan tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 33 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket, lembar observasi dan juga tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Lembar observasi pengelolaan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model kooperatif learning tipe Snowball Throwing mendapat nilai persentase sebesar 97% dengan kategori sangat baik.2) Lembar observasi aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe snowball throwing mendapat nilai persentase sebesar 94% dengan kategori sangat baik. 3) Angket respon siswa memiliki rata-rata persentase sebesar 93% dengan kategori sangat baik. 4) Nilai Tes Hasil Belajar memiliki ketuntasan klasikal sebesar 84,8%. Maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi pecahan menggunakan model kooperatif learning tipe Snowball Throwing merupakan pembelajaran yang efektif, karena sudah memenuhi keempat indikator efektifitas dengan indikator inti yakni hasil belajar terpenuhi.
Copyrights © 2024