Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan metode kumon pada materi pembagian siswa kelas III UPT SDN 282 Gresik di Desa Lowayu, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non-eksperimental dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas III UPT SDN 282 Gresik tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 23 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, angket, dan juga tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran rata-rata bernilai 92,5% dengan kategori sangat baik, 2) Lembar observasi aktivitas siswa rata-rata bernilai 91% dengan kategori sangat aktif, 3) Angket respon siswa rata-rata bernilai 86% dengan kategori sangat positif, 4) Ketuntasan klasikal mencapai 82,6%. Maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode kumon pada materi pembagian merupakan pembelajaran yang efektif, karena memenuhi empat indikator efektivitas pembelajaran dengan indikator hasil belajar terpenuhi.
Copyrights © 2024