Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Banjarsari 2. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen berbentuk Quasi Experimental Design. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas V SDN Banjarsari 2 tahun ajaran2023/2024 yang berjumlah 42 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan juga tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran matematika materi volume kubus terhadap hasil belajar siswa V SDN Banjarsari 2. Hal ini dibuktikan dalam independent t test hasil posttest setelah diberikan perlakuan yakni nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sedangkan nilai thitung = 3.619 > ttabel = 2,018. Maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi bangun ruang kubus berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V.
Copyrights © 2024