Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Atletik materi lari sprint 60 meter. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN Gemarang 5 Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi. Penelitian dilaksanakan kurang lebih selama 3 bulan mulai daru penyusunan proposal skripsi hingga penyelesaian penelitian skripsi di lapangan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas 6 SDN Gemarang 5 sebanyak 14 siswa. Teknik pengambilan sample yang dilakukan oleh peneliti menggunakan total sampling. Instrumen penelitian ini dengan melakukan penilaian pada ketiga aspek yaitu aspek afektif, kognitif dan psikomotor. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan tes dan pengukuran. Berdasarkan hasil dari penelitian, diperoleh hasil dari proses pembelajaran siswa diketahui bahwa sebelum menggunakan metode bermain hasil belajar siswa yang mendapat ketuntasan belajar sebanyak 21,43% pada tahap pra siklus, kemudian pada tahap siklus I telah diterapkannya metode bermain dengan hasil belajar meningkat secara signifikan dengan rata-rata ketuntasan hasil belajar sebanyak 71,43% atau 10 siswa yang tuntas dari 14 siswa. Kemudian untuk siklus II meningkat rata-rata hasil belajar siswa yang tutas menjadi 100% siswa. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada penelitian ini pembelajaran atletik materi lari sprint 60 meter.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024