Industri makanan dan minuman memainkan peran penting dalam perekonomian, tetapi mereka menghadapi masalah untuk mempertahankan laba yang baik, yang dapat memengaruhi kepercayaan investor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana ukuran dan profitabilitas suatu perusahaan mempengaruhi kualitas laba, serta bagaimana peran moderasi Good Corporate Governance (GCG) dalam mempengaruhi hubungan ini. Dengan sampel dari tiga belas perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2019 hingga 2023, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Perangkat lunak SmartPLS 4.0 digunakan untuk melakukan analisis dengan Partial Least Squares (PLS). Hasil menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif, tetapi profitabilitas berpengaruh positif terhadap kualitas laba. Namun, moderasi GCG tidak memiliki dampak yang signifikan pada hubungan ini. Menurut penelitian ini, profitabilitas dan ukuran perusahaan dalam kualitas laba sangat penting bagi investor dan regulator untuk menilai kinerja perusahaan. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi variabel moderasi lain dan memperluas sampel pada sektor industri lain.
Copyrights © 2024