Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 5, No 1 (2024)

Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IXA SMPN 8 Pontianak dengan Menggunakan Model pembelajaran Discovery Learning

Febriyanda, Yoga (Unknown)
Titin, Titin (Unknown)
Zulfikar, Zulfikar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Dalam rangka meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IXA SMPN 8 Pontianak pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi sistem reproduksi, maka dalam penelitian ini akan diterapkan model discovery learning yang merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang bersifat deskriptif kualitatif. dengan jumlah siswa secara keseluruhan 31 orang. Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus, dengan siklus pertama mengukur minat siswa menggunakan kuesioner dengan 15 item Likert, dan siklus kedua mengukur hasil belajar dengan melihat temuan penilaian yang diberikan pada akhir setiap siklus. Temuan ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dari siklus 1, dengan tingkat minat yang tinggi di antara siswa pada siklus 2 meningkat dari 80,64% menjadi 93,54%. Pada hasil belajarpun terjadi peningkatan, hal ini dibuktikan dari hasil evaluasi pembelajaan kedua siklus. Terdapat 21 siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimum dengan nilai rata-rata keseluruhan 72,25 yang mana ini merupakan siklus pertama, bertambah menjadi 25 siswa dengan nilai rata-rata keseluruhan 85. Berdasarkan data yang ditemukan pada penelitian ini, membuktikan bahwa untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dapat menggunakan model pembelajaran discovery learning yang mana model pembelajaran ini sudah terbukti efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...