Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
Vol 11, No 1 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Siswa Pada Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 4

Sumartono, Sumartono (Unknown)
Ramadhan, Dwi Nur Andini Putri (Unknown)
Fitrianti, Andi (Unknown)
Nasir, Nasir (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2024

Abstract

Discovery learning merupakan suatu metode yang menekankan pada kegiatan belajar siswa secara aktif dalam mengembangkan sendiri pengetahuannya secara mandiri maupun kelompok. Pada metode ini, guru tidak secara aktif menjelaskan materi pada peserta didik. guru hanya memberikan sejumlah pertanyaan berkaitan dengan materi. Selanjutnya, peserta didiklah yang harus menemukan, menyelidiki, dan menyimpulkan hasil temuannya sebagai modal untuk menjawab pertanyaan dari guru. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 4 Maros dengan menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar. Peneliti melibatkan satu kelompok untuk menggunakan desain penelitian yang diberi pretest lebih dahulu sebelum adanya treatment, kemudian diberi posttest untuk mengetahui hasil belajar.

Copyrights © 2024