Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman
Vol 19 No 2: Juli 2024

Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pencegahan Perilaku Bullying di SMPIT Al Ibrah: The Role of Islamic Religious Education Teachers in Preventing Bullying Behavior at Al Ibrah Smpit

Wardatul Khumairoh (Unknown)
Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk perilaku bullying, faktor penyebab terjadinya bullying, dan peran Pendidikan Agama Islam dalam upaya menghentikan bullying di SMPIT Al Ibrah. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi lapangan untuk mendapatkan informasi tersebut. Pengumpulan informasi melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Temuan penelitian yang telah dikumpulkan menunjukkan bahwa bentuk perilaku bullying di SMPIT Al Ibrah adalah bentuk perilaku verbal. Faktor penyebab bullying di SMPIT Al Ibrah yaitu faktor keluarga, pergaulan bebas, dan ketidakpahaman siswa terkait perilaku bullying. Peran guru Pendidikan Agama IslamSMPIT Al Ibrah dalam mencegah bullying yaitu sebagai pendidik, teladan, dan penasehat. Selain itu, sekolah mengadakan project anti bullying setiap tahun, kultum, dan sholat berjamaah di sekolah.

Copyrights © 2024