ANJANI Journal (Medical Science & Healthcare Studies)
Vol 3, No 2 (2023)

Pengaruh Terapi Bermain Bercerita Metode Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Verbal Pada Anak Prasekolah Di Yayasan Pendidkan Raudhatul Athfal (Ra) Al Fatihah

Tama Rangkuti, Wirda Dwi (Unknown)
Azizah, Nur (Unknown)
Sinaga, Rosmani (Unknown)
Hadisyah, Hadisyah (Unknown)
Nduru, Sri Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Komunikasi merupakan kebutuhan yang mendasar bagi manusia dalam menjalin interaksi. Komunikasi dapat memberikan kepuasan bagi masing-masing orang, misalnya terpenuhi perasaan kasih saying, cinta dan perhatian. Oleh karena itu, untuk menstimulasi perkembangan berbicara anak, komunikasi sangat perlu untuk diperhatikan. Di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan sekitar 6% di tahun 2015 terdapat 19% anak yang mengalami gangguan berbicara menurut (Riskesdas, 2015 ). Terapi bermain boneka tangan berdampak terapeutik pada peningkatan komunikasi anak dan merupakan media untuk mengekspresikan perasaan yang mereka alami selama di rumah sakit. Seringkali anak terlalu takut untuk mengungkapkan perasaannya pada saat mengalami perawatan medis. Penggunaan boneka tangan pada anak- anak bertujuan untuk mengidentifikasi ketakutan dan kesalahpahaman tentang apa yang terjadi pada mereka, boneka tangan merupakan permainan yang memberikan peluang kepada anak untuk menceritakan perasaan selama di rumah sakit dengan menggunakan puppets (boneka terbuat dari kain flanel) yang dimasukkan ke tanganTujuan penelitian untuk Untuk mengetahui apakah Pengaruh Terapi Bermain Bercerita Metode Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Verbal Pada Anak Prasekolah   Di Yayasan Pendidikan Raudhatul Athfal (RA) AL Fatihah.Desain penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian Pre-eksperimental design. Penelitian ini menggunakan One Group pre-test and post-test design tanpa kelompok kontrol, kelompok subjek diobservasi sebelum dilakukan intervensi, kemudian diobservasi lagi setelah intervensi Sampel penelitian adalah 29 Siswa Yayasan Pendidikan Raudhatul Athfal (RA) AL Fatihah.Hasil Univariat 29 responden yang kemampuan berkomunikasi verbal pada anak prasekolah sebelum diberikan terapi bermain bercerita metode boneka tangan mayoritas memiliki kemampuan yang kurang sebanyak 17 responden (58,6%). Dan sesudah mayoritas baik sebanyak 14 responden (48,3%). Hasil Bivariat menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berkomunikasi verbal anak prasekolah sebelum dan sesudah diberikan terapi bermain bercerita metode boneka tangan.Untuk Diharapkan terapi bermain bercerita metode boneka tangan dapat dimasukkan dalam program pembelajaran sebagai salah satu cara yang bisa diterapkan dalam peningkatan kemampuan berkomunikasi verbal pada anak yang difokuskan pada penggunaan kosakata sehingga kosakata anak akan bertambah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

anjani

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Dentistry Energy Health Professions Immunology & microbiology Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

ANJANI JOURNAL scientific periodical publication on Medical Science and Healthcare Studies issue as a media for information dissemination of research result for lecturer, researcher and practitioner. The article published in the ANJANI JOURNAL is the authors original work with a broad spectrum of ...