Penelitian ini menyoroti kebutuhan mendesak akan integrasi ChatGPT dalam model blended learning di pendidikan teknik, khususnya dalam pembelajaran matematika. Menghadapi tantangan kurikulum modern, penerapan ChatGPT menjadi krusial dalam memberikan dampak signifikan pada peningkatan kualitas pembelajaran matematika serta menandai pergeseran penting dalam bidang teknologi pendidikan. Tujuan penelitian adalah untuk memberikan wawasan tentang bagaimana integrasi teknologi bahasa alami seperti ChatGPT dapat mempengaruhi proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan rancangan cross-sectional dan melibatkan pengumpulan data melalui survei dan analisis data menggunakan metode statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa menggunakan ChatGPT untuk tujuan akademis, namun keandalan ChatGPT dalam melakukan perhitungan numerik masih menjadi perdebatan. Penelitian ini menyoroti kelebihan dan kekurangan ChatGPT dalam pembelajaran matematika, serta menekankan pentingnya menerapkan pemikiran komputasi serta berpikir kritis ketika menggunakan ChatGPT. Penelitian ini merujuk pada interaksi ChatGPT dengan mahasiswa serta dampaknya dalam pendidikan. Dengan demikian, artikel ini dapat memberikan gambaran tentang pemanfaatan ChatGPT dalam aspek pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024