Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas E-learning dalam konteks penggunaan platform E-learning pada mahasiswa jurusan Teknik Informatika dan Komputer. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penggunaan desain cross-sectional dengan sampel sebanyak 62 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang terdiri dari 5 variabel karakteristik teknologi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik teknologi memiliki pengaruh signifikan terhadap penerimaan dan penggunaan platform E-learning. Fitur-fitur teknologi yang sesuai dan dapat mendukung keberhasilan pembelajaran, seperti berbagi folder dan fungsi sinkronisasi data, serta kemampuan untuk mengakses file/informasi di berbagai perangkat yang berbeda dan lintas sistem operasi, memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan teknologi dan efektivitas pembelajaran dalam konteks penggunaan platform E-learning. Kontribusi dari penelitian ini adalah memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas E-learning dan memberikan saran untuk pengembangan platform E-learning yang lebih baik.
Copyrights © 2024