Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol 12, No 1 (2012)

MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Firdaus, Fiki ( Alumni Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang)
Samsudi, Samsudi ( Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi belajar dengan penggunaan macromedia flash professional 8 sebagai media pembelajaran terhadap kompetensi sistem rem. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis Quasi Eksperimental dengan bentuk non randomized control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Teknik Mekanik Otomotif SMK NU Hasyim Asy’ari Tarub 2010 yang berjumlah 4 kelas. Pengumpulan data menggunakan tes, analisis data dengan teknik statistik deskriptif dan analisis hitung dengan uji-t dua pihak. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat peningkatan prestasi belajar pada kelompok eksperimen sebesar 21,39 (36,39%), sementara pada kelompok kontrol terdapat peningkatan sebesar 5,72 ( 9,9%).

Copyrights © 2012