Kurangnya variasi media pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran Multimedia Interaktif berbasis Problem Based Learning yang efektif digunakan khususnya muatan pelajaran Bahasa Indonesia materi Ide Pokok Paragraf kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini adalah produk Multimedia Interaktif berbasis Problem Based Learning dengan kualitas produk sangat baik dan baik serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian ahli isi/materi pelajaran memperoleh skor 97,90% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional memperoleh skor 97,70% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 93,70% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan pada 3 siswa memperoleh skor 97,50% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji kelompok kecil pada 9 orang siswa memperoleh skor 92,20% dengan kualifikasi sangat baik sehingga produk yang dikembangkan dengan kualitas sangat baik. Berdasarkan uji efektivitas menggunakan 28 siswa diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning efektif digunakan pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD.
Copyrights © 2023