Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora (JPPSH)
Vol. 7 No. 3 (2023): October

Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Eka Yulianti, Ni Putu Sri (Unknown)
Kristiantari, Maria Goreti Rini (Unknown)
Ngurah Wiyasa, I Komang (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2024

Abstract

Kurangnya variasi media pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran Multimedia Interaktif berbasis Problem Based Learning yang efektif digunakan khususnya muatan pelajaran Bahasa Indonesia materi Ide Pokok Paragraf kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini adalah produk Multimedia Interaktif berbasis Problem Based Learning dengan kualitas produk sangat baik dan baik serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian ahli isi/materi pelajaran memperoleh skor 97,90% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional memperoleh skor 97,70% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 93,70% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan pada 3 siswa memperoleh skor 97,50% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji kelompok kecil pada 9 orang siswa memperoleh skor 92,20% dengan kualifikasi sangat baik sehingga produk yang dikembangkan dengan kualitas sangat baik. Berdasarkan uji efektivitas menggunakan 28 siswa diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning efektif digunakan pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPSH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora (JPPSH) is a journal that uses a double-blind peer review model that can be accessed online. The purpose of JPPSH is to publish a journal containing quality articles that will be able to contribute thoughts from a theoretical and empirical ...