Pembelajaran matematika di sekolah dasar masih diannggap sulit oleh siswa. Siswa sulit memahami konsep matematika yang abstrak. Guru tidak menggunakan model ataupun media pembelajara yang sesuai dengan karakteristik siswa, sehingga hasil belajar siswa rendah. Maka dari itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berbantuan media papan bilangan terhadap kompetensi pengetahuan matematika pada siswa kelas. IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan ranangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 386 siswa. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling yang memperoleh sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Data kompetensi pengetahuan matematika yang diperoleh dari hasil post-test dianalisis dengan teknik statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan rumus anakova. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan media Papan Bilangan dengan siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan media Papan Bilangan. Implikasi penelitian ini yaitu peningkatan partisipasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan membangun keterampilan sosial seperti komunikasi, kepemimpinan, dan kerjasama.
Copyrights © 2024