Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar di kelas, khususnya media pembelajaran pada muatan pelajaran IPA yaitu pada materi ekosistem berpengaruh pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran kotak komponen ekosistem pada muatan pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek pada penelitian ini yakni 2 ahli materi, 2 ahli media, 3 peserta didik untuk uji coba peserta didik, 3 guru untuk uji coba guru. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, angket, serta menggunakan tes. Sementara teknik analisis data yang dipergunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini signifikan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem muatan pelajaran IPA kelas V sekolah dasar. Disimpulkan bahwa media pembelajaran kotak komponen ekosistem sangat valid, praktis, dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V sekolah dasar pada muatan IPA materi ekosistem. Media ini dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V sekolah dasar pada materi IPA tentang ekosistem. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat mengintegrasikan media pembelajaran ini ke dalam proses pengajaran mereka untuk mendukung peningkatan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2024