Ketersediaan media pembelajaran yang ada di sekolah dasar kurang mencukupi khususnya pada muatan IPA topik mengenal proses fotosintesis siswa kelas IV SD. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan kepraktisan media accordion book pada muatan IPA topik mengenal proses fotosintesis untuk siswa kelas IV SD yang teruji validitasnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pada penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi. Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Subjek penelitian yakni para ahli, guru dan siswa yang berjumlah 10 orang. Metode serta instrumen yang digunakan yaitu lembar kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Pengembangan media accordion book mendapat kualifikasi sangat baik dari ahli, respon guru dan siswa. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media accordion book pada muatan IPA topik mengenal proses fotosintesis untuk siswa kelas IV SD valid serta dapat diaplikasikan dalam kegiatan belajar-mengajar sebagai sumber belajar. Implikasi penelitian ini diharapkan membantu guru dalam menyediakan media interaktif pada mata pelajaran IPA.
Copyrights © 2024