Abstrak. Literasi sains di bidang pendidikan Indonesia minim akan inovasi yang dikembangkan oleh pengajar. Umumnya pengajar hanya menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi kepada siswa sehingga siswa merasa kesulitan menangkap materi yang diterima. Untuk memudahkan siswa dalam memahami materi, inovasi buku pintar berbasis QR Code menjadi salah satu bentuk inovasi media pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan generasi Z lebih tanggap dan cepat mengusai teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain dan mengembangkan buku pintar berbasis QR Code pada materi Bryophyte untuk siswa SMA N 1 Boja. Metodologi penelitian yaitu RnD dengan model pengembangan ADDIE dengan tahapan (1) penelitian eksplorasi, (2) analisis, (3) desain buku, (4) uji kelayakan, (5) revisi (7) pelaksanakan, dan (6) evaluasi. Analisis data digunakan rumus persentase (Arikunto) dan tabel kelayakan Likert. Hasil penelitian menunjukan karakteristik buku pintar berbasis QR Code yaitu menggunakan kode qr untuk menampilkan foto dan video, terdapat integrasi Nilai Islam, macam lumut diambil dari penelitian eksplorasi. Kelayakan buku pintar yaitu ahli media 80,95% (layak), ahli materi 91,67% (sangat layak), ahli integrasi 90% (sangat layak). Buku pintar ini memiliki potensi untuk melatih kemampuan literasi siswa dengan persentase 88%. Abstract. Scientific literacy in Indonesian education lacks innovations developed by teachers. Generally, teachers only use the lecture method in delivering material to students so that students find it difficult to catch the material received. To make it easier for students to understand the material, QR Code-based smart book innovation is a form of learning media innovation. This is because Generation Z is more responsive and faster at mastering technology. The research objective is to design and develop a QR Code-based smart book on Bryophyte material for students of SMA N 1 Boja. The research methodology is RnD with the ADDIE development model with stages (1) exploration research, (2) analysis, (3) book design, (4) feasibility test, (5) revision (7) implementation, and (6) evaluation. Data analysis used percentage formula (Arikunto) and Likert feasibility table. The results of the study show the characteristics of the QR Code-Based Smart Book, namely using a QR Code to display photos and videos, there is an integration of Islamic values, types of mosses taken from exploratory research. The eligibility of Smart Books are media experts 80.95% (adequate), material experts 91.67% (very feasible), integration experts 90% (very feasible). This smart book has the potential to train students' literacy skills with a percentage of 88%.
Copyrights © 2023