Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0
Vol 5 No 1 (2024): Jurnal Teknologi Terapan & Sains

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN TEMPAT WISATA DI KOTA MIMIKA PAPUA DENGAN METODE ALGORITMA FLOYD WARSHALL DAN ALGORITMA DIJKSTRA

Angaw, Mariance Wulan (Unknown)
Darnila, Eva (Unknown)
Risawandi, Risawandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Kabupaten Mimika merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Papua Tengah, di Indonesia. Kabupaten ini terletak di Timika. Mempunyai topografi yang begitu kompleks dari dataran yang rendah hingga dataran  tinggi menjadikan Mimika sebagai Kabupaten yang mendominasi sekitar 4,7% dari wilayah Provinsi Papua Tengah. Mimika terkenal luas dengan julukan Kota Tambang dan juga mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Permasalahan yang ada adalah wisatawan tidak mengetahui letak dan lokasi wisata yang tersedia dengan mudah, baik dari jam operasional, harga tiket masuk dan detail gambaran lokasi wisata yang ada dan rute yang dapat dilalui. Tujuan penelitian ini adalah  membuat sebuah sistem informasi pemetaan letak lokasi wisata di Kabupaten Mimika dan melakukan pencarian rute tercepat menuju lokasi wisata menggunakan algoritma Floydwarshall dan Dijkstra. Dalam penelitian ini penulis menggunakan dua algoritma sekaligus dalam penentuan rute tercepat sebagai perbandingan mana yang cocok antara algoritma Floydwarshall dan Dijkstra, Persentase algoritma dalam penentuan rute tercepat yaitu Floydwarshall dan Dijkstra menunjukan kasus yang tidak jauh berbeda mendekati 100% dari totalnya. Sehingga sistem ini dapat berguna untuk Dinas Pariwisita Kabupaten Mimika dalam mengelola data lokasi wisata, dan juga berguna untuk informasi bagi para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata dan sekaligus mencari rute tercepat ke tujuan wisata tersebut. Kata Kunci : Sistem Informasi Geografis, Floydwarshall, Dijkstra, Kabupaten Mimika

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tts

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi Terapan & Sains 4.0 merupakan media informasi dan komunikasi para akademisi, peneliti, dan praktisi yang berkecimpung dan menaruh minat serta perhatian pada pengembangan teknologiyang berisi hasil-hasil penelitian, kajian, pemikiran, dan analisis mengenai ilmu-ilmu keinformatikaan. ...