This article discusses the significant role of the Arabic language in social life. Arabic is a communication tool with several functions: obtaining something, controlling someone's behavior, expressing feelings or ideas, interacting with others, learning and finding meaning, creating a world of imagination, and conveying information. This should be realized with an interactive and communicative learning process. Then, it takes careful planning starting from the chosen approach. The communicative approach has developed communicative abilities and the teaching procedures of the four language skills in gradation. This approach is interpreted into the sam'iyyah syafawiyah method. This method emphasizes listening, mimicking, and pronouncing language sounds, such as sentences and dialogues. This research employs a descriptive qualitative method with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. From the discussion in this journal, the sam'iyyah syafawiyah method with this communicative approach uses learning with four Arabic language skills starting from listening, speaking, reading, and writing. Artikel ini membahas peran penting bahasa Arab dalam kehidupan sosial. Bahasa Arab sendiri merupakan salah satu alat komunikasi yang memiliki beberapa fungsi, yaitu memperoleh sesuatu, mengendalikan perilaku seseorang, mengungkapkan perasaan atau ide, berinteraksi dengan orang lain, belajar dan mencari makna, menciptakan dunia imajinasi, dan menyampaikan informasi. Hal ini seharusnya diwujudkan dengan proses pembelajaran yang interaktif dan komunikatif. Diperlukan perencanaan yang cermat mulai dari pendekatan yang dipilih. Pendekatan komunikatif telah mengembangkan kemampuan berkomunikasi serta prosedur pengajaran empat keterampilan berbahasa secara bertahap. Pendekatan ini diinterpretasikan ke dalam metode sam'iyyah syafawiyah. Metode ini menekankan cara mendengarkan, meniru, dan melafalkan suara bahasa, seperti kalimat dan dialog. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari pembahasan dalam jurnal ini, dapat disimpulkan bahwa metode sam'iyyah syafawiyah dengan pendekatan komunikatif ini menggunakan pembelajaran dengan empat keterampilan bahasa Arab mulai dari keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.
Copyrights © 2023