Prestasi belajar merupakan sebagai kecakapan nyata yang dapat diukur dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan sebagai interaksi aktif antara subyek belajar dengan obyek belajar selama berlangsungnya proses belajar mengajar untuk mencapai hasil atau tujuan belajar. Kecemasan akademik adalah saat seseorang merasa khawatir terhadap berbagai potensi ancaman yang mungkin datang dari lingkungan akademik, termasuk pengajar dan mata pelajaran tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecemasan akademik dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP N 2 Kembaran. Penelitian menggunakan deskripsi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode proportionate stratified random sampling sebanyak 135 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner Academy Anxiety Scale (AAS). Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Spearman Rank. Hasil diperoleh responden sebagian besar berjenis kelamin laki – laki (60,7%), berusia <14 tahun (55,6%), tingkat kecemasan akademik kategori sedang (79,3%), prestasi belajar sedang (79,3%). Uji Spearman Rank didapatkan tidak ada hubungan kecemasan akademik dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP N 2 Kembaran p value 0,635 (<0,05).
Copyrights © 2024