Perkembangan perekonomian di Indonesia tidak lepas dari partisipasi usaha kecil dan menengah (UKM), sedangkan bentuk interaksi antar UKM terlihat dari partisipasinya sebagai penyedia lapangan kerja dan kontribusinya terhadap produk domestik bruto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh inovasi produk, inovasi proses, dan inovasi manajemen terhadap kinerja. Mengukur pengaruh inovasi terhadap kinerja dan variabel indikator mana yang berpengaruh terhadap kinerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 600 UKM sebagai sampel. Teknik analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 21 digunakan untuk menjawab hipotesis. Hasil yang diperoleh adalah inovasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja, inovasi proses berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja dan inovasi manajemen berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja. Besarnya pengaruh variabel inovasi produk, inovasi proses, dan inovasi manajemen terhadap kinerja masih dalam kategori rendah dan variabel inovasi berpengaruh dominan terhadap kinerja UKM.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023