Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika

PENERAPAN LKS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK DI SMAN 4 PALANGKA RAYA

Wulandari, Kartina Mahadewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS berbasis contextual teaching and learning pada materi gelombang mekanik. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental. Desain penelitian yang dipakai adalah one group pretest posttest design. Siswa kelas XI-MIPA 1 SMAN 4 Palangka Raya yang berjumlah 25 siswa merupakan sampel pada penelitian ini. Instrumen penilaian yang digunakan berupa tes soal uraian (essay) sebanyak 11 butir soal. Teknik analisis data menggunakan nilai gain dan n-gain, diperoleh nilai rata-rata gain sebesar 28,28. Sedangkan nilai rata-rata dari n-gain nya adalah 0,56 yang masuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan LKS berbasis contextual teaching and learning pada materi gelombang mekanik. LKS berbasis contextual teaching and learning dapat mempermudah siswa dalam menghubungkan pengetahuan gelombang mekanik yang dimilikinya dengan kehidupan sehari-harinya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

relativitas

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of ...