Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika

PENERAPAN MODEL INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA-1 PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI SMA NEGERI UNGGUL PIDIE JAYA

Ratnawati, Ratnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2024

Abstract

Model pembelajaran inkuiri adalah model pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpikir secara analisis untuk mencari dan menyelesaikan suatu masalah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIPA-1 pada materi Momentum dan Impuls melalui penerapan model Inquiri. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA-1 yang berjumlah 20 orang. Lokasi penelitian yaitu SMA Negeri Unggul Pidie Jaya. Teknik pengumpulan data yaitu melalui tes dan non tes. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir siklus 1 siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 44,44% (8 siswa) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 55,55 % (12 siswa) sedangkan pada siklus 2 sebanyak 94,44 % (17 siswa) dan 3 siswa (5,55 %) yang belum mencapai ketuntasan belajar. Sehingga didapatkan peningkatan nilai hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Inquiri pada materi Momentum dan Impuls sebesar 191, 05 %.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

relativitas

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of ...