JUTIS : Jurnal Teknik Informatika
Vol. 12 No. 1 (2024): Jutis (Jurnal Teknik Informatika)

Memanfaatkan AI Chat Bot Untuk Meningkatkan Respond Survey Kepuasan Pelanggan

Revelino, Imanuel (Unknown)
Fitria, Dina (Unknown)
Joni, Joni (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2024

Abstract

Survey kepuasan pelanggan merupakan salah satu indicator yang penting. Untuk itu perlu dilakukan survey untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Namun agar hasilnya bisa dimanfaatkan dengan baik, maka survey ini perlu direspons dengan baik oleh pelanggan. Penting bagi perusahaan untuk meningkatkan tingkat respon dari survey tersebut. Survey yang saat ini dilakukan memberikan respons rate yang rendah. Mengganti media survey merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan tingkat respons dari survey. Media whatsapp dipilih karena merupakan salah satu media yang cukup popular saat ini. Untuk mendorong pelanggan melakukan respon secara langsung, maka dilengkapi dengan chatbot untuk membuat pelanggan merasa responnya ditanggapi. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan tingkat respon dari pelanggan. Dibandingkan SMS, whatsapp denagn chatbot terbukti, dapat meningkatkan respons rate survey kepuasan pelanggan sampai dengan 26,79%. Atau 10.14% lebih tinggi dari media SMS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jutis

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal yang terbit dua kali dalam satu tahun, bulan april dan nopember, ruang lingkup jurnal pada informatika dan ...