GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 1 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Kepekaan Bilangan Siswa

Kirana, Fatin Nasywa (Unknown)
Maulidina, Khoirunnisa (Unknown)
Laila, Alya Nur Najmi (Unknown)
Hasanah, Aan (Unknown)
Herman, Tatang (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Pentingnya kepekaan bilangan dalam pembelajaran matematika tidak dapat diabaikan. kepekaan bilangan merujuk pada pemahaman mendalam dan fleksibel tentang bilangan, hubungan antar bilangan, serta operasi matematika. Siswa dengan kepekaan bilangan yang baik cenderung lebih fleksibel dalam menyelesaikan masalah matematika tanpa harus terpaku pada suatu metode tertentu. Namun, saat ini kemampuan kepekaan bilangan siswa cenderung masih rendah. Untuk mengatasinya diperlukan kegiatan analisis pemilihan model pembelajaran yang tepat guna mengembangkan kepekaan bilangan. Dengan demikian artikel ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif guna meningkatkan kemampuan kepekaan bilangan siswa. Artikel ini merupakan rangkuman dari temuan hasil analisis sebanyak dua belas jurnal. Berdasarkan kajian dari penelitian-penelitian sebelumnya, didapat bahwa hasil belajar siswa dalam materi-materi yang berhubungan dengan bilangan dapat dikembangkan dengan pembelajaran kooperatif. Ini berarti, pembelajaran kooperatif efektif untuk meningkatkan kemampuan kepekaan bilangan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gauss

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal ini berisikan kajian ilmiah dan hasil penelitian dibidang matematika dan pendidikan ...