GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 1 (2024)

Pengaruh Kemampuan Mengelola Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Utara

Hutahean, Mentari (Unknown)
Siregar, Sakinah Ubudiyah (Unknown)
Pasaribu, Laili Habibah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kemampuan mengelola diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang dilakukan di SMP Negeri 2 Rantau Utara T.A 2023/2024. Penelitian ini menggunakan penelitian Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan di atas maka diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kemampuan mengelola diri siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Utara berada pada kategori tinggi dengan rata-rata nilai 3,67. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan mengelola diri terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Utara dengan nilai korelasi (r = 0,450) yang berada pada nilai r = 0,40 – 0,60 yang berarti memiliki Tingkat hubungan yang sedang. Kata kunci: Kemampuan mengelola diri, Prestasi belajar matematika

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gauss

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal ini berisikan kajian ilmiah dan hasil penelitian dibidang matematika dan pendidikan ...