Tujuan penelitian ini adalah (i) mengevaluasi rata-rata pembelajaran ekonomi sebelum dan sesudah tahap eksperimen, (ii) mengevaluasi penerapan metode pembelajaran di kelas XI SMAN 21 Kab Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperiment. Sedangkan teknik analisisdata penelitian ini menggunakan uji paired t-test dan independent sample t-test. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan secara rinci, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Kelas yang menggunakan metode pembelajaran edutainment memiliki perbedaan kinerja belajar ekonomi pada saat sebelum dieksperimentkan dan setelah mendapatkan perlakuan eksperimen, (2) penggunaan metode edutaiinment dalam peneliitian meningkatkan pembelajaran hasil Siswa kelas XI SMAN 2 Kab. Tangerang. Dari hasil pemaparan penelitian, maka dapat diambil implikasi berupa: (1) Pemilihan metode pengajaran yang terbaik bias memberikan pengaruh terhadap proses belajar siswa, sehingga kinerja belajar ekonomi siswa kelas yang mendapatkan perlakuan dan kelas yang tidak mendapatkan perlakuan berbeda-beda tergantung jenis metode pembelajaran yang dipakai. (2) Temuan dari penelitian ini berguna untuk kepentingan pendidik dan peneliti lainnya. Pengembangan pribadi dikaitkan dengan pengajaran yang sangat baik dan prestasi siswa, dengan penekanan pada metode pengajaran yang tepat dan motivasi siswa untuk meningkatkan hasil utama siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024