Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis
Vol. 9 No. 1 (2024): PEKOBIS

Analisis Peningkatan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa PGSD melalui Penerapan Model CLIS

Abdillah, Candra (Unknown)
Dameis Surya Anggara (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis (1) ketercapaian KPS mahasiswa; (2) menguji perbedaan pada KPS mahasiswa yang menyelenggarakan  model CLIS berbantuan LKS dan model ekspositori; (3) menganalisis kenaikan KPS mahasiswa setelah menyelenggarakan model CLIS berbantuan LKS. Penelitian memiliki pendekatan kuantitatif, dengan metodologi quasi eksperimen design Nonequivalent control group design. Populasi diambil dari seluruh mahasiswa semester II prodi PGSD UNPAM dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 71 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan pengamatan, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui statistika deskriptif dan statistika inferensial berupa one sample t test dan independent sample t test. Hasil penelitian adalah (1) tingkat KPS mahasiswa dengan model CLIS berbantuan LKS mencapai kategori terampil. (2) ada kesenjangan yang signifikan pada KPS mahasiswa antara yang menyelenggarakan model CLIS berbantuan LKS dan model ekspositori. (3) Kenaikan KPS mahasiswa yang menyelenggarakan model CLIS berbantuan LKS lebih besar daripada model ekspositori.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pekobis

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal PEKOBIS (Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis) is focused in field education, economic and business. The scope of research studies published in PEKOBIS is the field of: EDUCATION (Teaching Material, Teaching Evaluation, Learning Media, Learning Method, Education Technology, Education, ...