Berdasarkan pengamatan  yang dilakukan Guru  pengolahan bahan makanan,  Siswa Kelas III  Restoran 2 masih kurang, terampil dalam pembuatan masakan ayam kodok. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal diperlukan pelatihan- pelatihan secara intensif.meliputi aspek kognetif, affektif dan psikomotoric. Tujuan penelitian ini adalah: 1)  untuk meningkatkan keterampilan  siswa dalam pembuatan masakan ayam kodok   2) untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memvariasikan pengolahan masakan yang berbahan pokok ayam  3) memperbaiki proses pembelajaran membuat ayam kodok menjadi proses pembelajaran dalam suasana yang menyenangkan, menghilangkan kejenuhan 4) menjadikan proses pembelajaran lebih  mengesankan siswa. Penelitian ini terdiri  dua siklus, teknik pengumpulan data Tes untuk mengetahui ketrampilan (afektif) siswa, dan teknik Non Tes; observasi untuk mengetahui respon, sikap siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan, peningkatan ketrampilan siswa untuk memvariasikan masakan berbahan baku ayam dari kondisi awal nilai rata-rata 74,92%; hasil siklus I nilai rata- rata siswa sebesar 96,55% dan pada siklus II menjadi 100%. Jadi peningkatan rata- rata dari kondisi awal ke siklus I 21,63%, siklus I ke siklus II 3,45% . terbukti pada kondisi awal ketuntasan belajar klasikal belum tercapai (siklus I) sedangkan pada siklus II ketuntasan klasikal tercapai 100%.
Copyrights © 2014