Abstrak Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan manajemen resiko menurut ekonomi Islam. Dimana Rasulullah Nabi terakhir dan uswatun hasanah memiliki cara yang sangat kompleks dalam membentuk kepribadian masyarakat melalui tindakannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan yang mengkaji sumber tertulis dari berbagai referensi literatur terkait gaya manajemen risiko Nabi Muhammad dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan studi pustaka. Hasilnya menemukan pengelolaan managemen nabi sangat unggul dalam mengatur system perniagan dan perdagangan di karenakan nabi dapat menekan kerugian kerugian dalam perniagaan yang dilakukannya. Namun demikian dalam pemasaran perniagaan nabi menampilkan sifat-sifat yang melekat pada kenabiannya yang menjadi contoh tauladan bagi kita dalam melakukan kegiatan management dan pemasaran. Perusahaan juga harus memperhatikan pentingnya menggunakan strategi layanan untuk meningkatkan layanan karena merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap produk yang mereka gunakan. untuk dapat memanajemeni resiko pada perusahaan dapat mengikuti keteladanan Rasulullah SAW, yaitu dengan menerapkan sifat Siddiq, Amanah, Fatonah dan Tabligh.
Copyrights © 2024