Scientific Journal of Informatics
Vol 2, No 2 (2015): November 2015

Aplikasi Game Edukasi Pasang Pageh Aksara Bali Berbasis Android

Wirdiani, Ayu ( Universitas Udayana)
Cahyawan, Ketut Agung ( Universitas Udayana)
Atmaja, Dharma Prateka ( Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2016

Abstract

Aksara Bali sudah menjadi salah satu mata pelajaran wajib untuk siswa mulai dari Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Akhir. Keluhan siswa yang tertampung dalam angket orang tua siswa menunjukkan terdapat sebanyak 52,86% yang menyatakan bahwa pelajaran Bahasa Bali khususnya Pasang Pageh Aksara Bali dirasakan susah oleh anak-anak mereka. Seiring perkembangan teknologi permasalahan tersebut dapat ditanggulangi dengan sebuah metode pembelajaran baru di bidang Teknologi Informasi yaitu salah satunya dengan memanfaatkan teknologi Smartphone Berbasis Android. Pembelajaran Pasang Pageh Aksara Bali diimplementasikan ke dalam sebuah game edukasi berbasis Android menggunakan metode drag and drop dan dirancang semenarik mungkin, dengan tujuan agar minat belajar anak-anak untuk mempelajari Pasang Pageh Aksara Bali lebih meningkat. Hasil survey masyarakat terutama anak-anak, Game “Pasang Pageh Aksara Bali” mendapatkan respon yang baik sebagai media bantu dalam mempelajari Pasang Pageh Aksara Bali, dengan persentase 67% menarik dalam aspek grafis, 50% baik dalam aspek rekayasa perangkat lunak, 74% baik dalam aspek entertainment, dan 60% dipahami dalam aspek konten 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

SJI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Scientific Journal of Informatics published by the Department of Computer Science, Semarang State University, a scientific journal of Information Systems and Information Technology which includes scholarly writings on pure research and applied research in the field of information systems and ...