Scientific Journal of Informatics
Vol 2, No 1 (2015): May 2015

Penerapan Model Technology Acceptance Model (TAM) untuk Pemahaman Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif

Syafrizal, Agusdi (Unknown)
Ernawati, Ernawati (Unknown)
Dwiandiyanta, Yudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2016

Abstract

Penerapan model Technology Acceptance Model (TAM) bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman terhadap media pembelajaran yang berbentuk multimedia interaktif. Pada umumnya, dosen hanya mengandalkan metode ceramah dan tanya jawab di dalam proses pembelajaran. Dalam artikel ini dosen yang mengajar meminta untuk menginovasi sistem pembelajaran, yaitu dengan menggunakan multimedia interaktif. Peneliti menggunakan jenis data kuantitatif, dengan metode analisis yang digunakan adalah deskriptif, sedangkan metode pengumpulan data diperoleh dari kuesioner dan observasi. Untuk memahami penerimaan dan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif bisa diukur dengan menggunakan model penerimaan teknologi (TAM). Model TAM dapat menjelaskan bahwa persepsi pengguna akan menentukan sikapnya dalam penerimaan penggunaan Teknologi Informasi (TI). Model ini secara lebih jelas menggambarkan bahwa penerima penggunaan TI dipengaruhi oleh kemanfaatan (usefulness). 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

SJI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Scientific Journal of Informatics published by the Department of Computer Science, Semarang State University, a scientific journal of Information Systems and Information Technology which includes scholarly writings on pure research and applied research in the field of information systems and ...