Proceeding International Seminar of Islamic Studies
INSIS 6 (February 2024)

PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Maryanti, Indra (Unknown)
Dachi, Surya Wisata (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2024

Abstract

Model pembelajaran project based learning seringkali disebut dengan metode pengajaran yang menggunakan persoalan masalah dalam sistemnya dengan tujuan mempermudah siswa dalam proses pemahaman serta penyerapan teori yang diberikan. Model tersebut menggunakan pendekatan kontekstual serta menumbuhkan keahlian siswa dalam berpikir kritis. Sehingga mampu mempertimbangkan keputusan paling baik yang diambil sebagai solusi penyelesaian dalam permasalahan yang diterima. Hal ini bertujuan menguasai suatu materi sehingga bisa dipakai untuk memecahkan masalah yang sering dihadapi. Oleh karena itu siswa harus lebih aktif dalam proses pembelajaran serta tidak bergantung pada guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Apakah ada pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis project based learning terhadap prestasi belajar matematika siswa? (2)Berapa persen pengaruh penggunaan bahan ajarberbasis project based learning terhadap prestasi belajar matematika siswa?. Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis project based learning terhadap prestasi belajar matematika siswa (2)Untuk mengetahui Berapa persen pengaruh penggunaan bahan ajarberbasis project based learning terhadap prestasi belajar matematika siswa. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui tes. Dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-B berjumlah 25 siswa.. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh t hitung ttabel yaitu 15,27 2,064 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan bahan ajarberbasis project based learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Dan besarnya pengaruh penggunaan bahan ajarberbasis project based learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa adalah 59,03 % dan sisanya sebesar 40,97 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

insis

Publisher

Subject

Religion Arts Astronomy Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Physics Other

Description

Proceeding International Seminar of Islamic Studies, published by the Faculty of Islamic Religion, University of Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Medan, Indonesia, which includes articles on the scientific research field of Islamic studies and Islamic education, Islamic law, and Islamic ...