Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Vol. 17 No. 2 (2022): Oktober : Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran

PENTINGNYA INTEGRASI ILMU PENGETAHUAN UMUM DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: PERSPEKTIF DOSEN DAN MAHASISWA

Yusrizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Integrasi ilmu pengetahuan umum dalam mata kuliah Pendidikan Agama Islam di era modern menjadi fokus penelitian ini. Artikel ini mengeksplorasi konsep tersebut dari perspektif dosen dan mahasiswa untuk memahami dampak, tantangan, dan manfaatnya. Tinjauan pustaka memberikan wawasan tentang pentingnya penggabungan ilmu pengetahuan umum dalam konteks agama Islam. Temuan penelitian menunjukkan bahwa integrasi ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman konsep agama, pengembangan keterampilan berpikir kritis, dan penerapan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Dosen memiliki peran sentral dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, sementara mahasiswa mendapatkan manfaat dari pengayaan kontekstual dan relevansi ajaran agama dengan realitas kehidupan modern. Meskipun temuan positif, tantangan implementasi seperti keterbatasan waktu, sumber daya, dan resistensi terhadap perubahan perlu diperhatikan. Saran untuk pelatihan dosen, penelitian lebih lanjut, peningkatan sumber daya, inisiatif kolaboratif, dan evaluasi berkelanjutan disampaikan untuk memajukan efektivitas integrasi ilmu pengetahuan umum dalam pendidikan agama Islam. Kesimpulannya, integrasi ini menjadi landasan penting untuk mencetak generasi yang lebih berkualitas dan adaptif di era modern.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and ...