Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 12 No. 1 (2024): PEDAGOGIK : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN DENGAN METODE JARIMATIKA SISWA KELAS IV

Hanifa, Rosda (Unknown)
Syehma Bahtiar, Reza (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2024

Abstract

Kesulitan siswa dalam mempelajari dan menyelesaikan soal materi perkalian dipengaruhi oleh beberapa faktor satu diantaranya adalah metode yang dipakai guru harus tepat dan menyenangkan. Untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian di kelas IV SDN Pakis V Surabaya, menekankan kepada penggunaan metode untuk mempermudah siswa dalam menyelesaikan soal-soal perkalian. Penggunaan metode yang dapat memudahkan siswa dan mudah ditemukan alat konkretnya nampaknya harus diterapkan, hal ini dimaksudkan agar tujuan pembelajaran matematika yang sudah ditetapkan kurikulum dapat tercapai dan sesuai dengan perkembangan kognitif siswa. Salah satu metode yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berhitung serta membangkitkan semangat untuk belajar karena metodenya merupakan kegiatan yang menyenangkan, metode yang digunakan adalah metode jarimatika yang menggunakan 10 jari sebagai alat bantu untuk proses berhitung perkalian. Melalui metode jarimatika, siswa tidak perlu membeli alat peraga karena metode ini sangat praktis dengan menggunakan jari-jari tangan sebagai alat berhitung, sedangkan jari tangan dimiliki oleh setiap siswa dan memenuhi tahap perkembangan kognitifnya, karena siswa akan melakukan sesuatu yang berkaitan dengan konsep yang berkaitan yaitu perkalian. Kata Kunci : Matematika, jarimatika, perkalian, dan hasil belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Pedagogik Berisi tulisan tentang pendidikan dasar yang berkaitan dengan : Teori dan praktek pembelajaran serta gagasan konseptual, Bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar, Hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah ...