Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengembangkan media pembelajaran berupa Kartu Pintar Konjungsi pada materi penggunaan konjungsi; 2) mengetahui respon peserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran berupa Kartu Pintar Konjungsi untuk peserta didik kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg amd Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD 2 Rejosari yang berjumlah 14 orang dan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan guru kelas IV untuk menguji kelayakan media pembelajaran berupa Kartu Pintar Konjungsi untuk pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kelayakan produk. Hasil penelitian ini adalah; 1) telah dikembangkan media pembelajaran berupa Kartu Pintar Konjungsi; 2) kelayakan media pembelajaran Kartu Pintar Konjungsi yang telah dikembangkan adalah sangat layak dengan persentase 95,5% berdasarkan penilaian ahli media I dan 98,5% berdasarkan penilaian ahli media II; 3) hasil penilaian guru dengan persentase 92,5% termasuk dalam kriteria sangat layak; 4) hasil respon peserta didik dengan persentase 94,2% termasuk dalam kriteria sangat layak. Selanjutnya didapatkan nilai hasil pretest dan posttest sebesar 43,43 menjadi 75,93 atau dapat dikatakan hasil belajarnya naik sebesar 74%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024