ihyaulum
Vol 2 No 1 (2024): Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal

Pengaruh Media Pohon Angka dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia 4 -6 Tahun

Maharani, Amanda Deswita (Unknown)
Widjayatri, RR Deni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Perkembangan kognitif pada anak usia dini, antara usia 4-6 tahun, merupakan tahap yang sangat penting dalam pembentukan dasar-dasar untuk berpikir dan memahami dunia di sekitar kita. Pada kelompok usia ini, anak-anak mengalami kemajuan pesat dalam berbagai aspek kognitif, termasuk kemampuan berpikir, berbahasa, dan memecahkan masalah. Salah satu aspek perkembangan kognitif adalah kemampuan pengenalan angka yang tercakup dalam STTPA, salah satunya adalah penggunaan simbol angka atau lambang bilangan untuk berhitung. Pohon Angka menawarkan pendekatan inovatif untuk menyampaikan konsep matematika kepada anak-anak prasekolah. Dengan menyajikan angka dalam bentuk visual yang menarik, media ini tidak hanya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan tetapi juga membantu anak-anak untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang angka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pohon angka terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak usia 4-6 tahun di PAUD Kartika Siliwangi 39. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research), bersifat kolaboratif dengan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak usia 4 sampai 6 tahun di TK Kartika Siliwangi 39. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan perhitungan persentase. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Data yang diperoleh pada aktivitas fisik siklus I 60% naik sebesar 28% atau menjadi 88% pada siklus II. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pohon angka sangat berpengaruh untuk meningkatkan kognitif anak usia 4 – 6 tahun di TK Kartika Siliwangi 39.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ihyaulum

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal is a research-based journal that contains the latest issues in educational development in the field of Early Childhood Education. This journal is published by the Early Childhood Education Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and ...