Penulisan artikel ini bertujuan guna mengkaji tentang peningkatan keterampilan komunikasi siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran Think Pair Share. Dalam pembelajaran TPS langkah-langkah pembelajaran dibagi menjadi tahap berpikir (think), tahap diskusi berpasangan (pair), dan tahap memaparkan hasil diskusi (share). Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah studi literatur yang merupakan studi yang pengumpulan data dan informasi dengan bantuan dari beragam macam sumber seperti buku, artikel, majalah, dan sebagainya yang berguna untuk pemecahan masalah yang akan diteliti. Pencarian literatur dilakukan dengan mengakses google scholar dan jurnal dengan indeks sinta 3 sampai 5. Pembahasan dalam atikel ini adalah berdasarkan informasi melalui 6 (enam) artikel peningkatan keterampilan komunikasi siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran TPS. Ditemukan bahwa keterampilan komunikasi siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran Think Pair Share. Maka dari itu, diharapkan dengan adanya model pembelajaran Think Pair Share dapat memberikan solusi kepada pendidik dalam proses pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan komunikasi siswa.
Copyrights © 2024