Jurnal Citra Pendidikan Anak
Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Citra Pendidikan

ANALISIS KESULITAN SISWA BERDASARKAN PEMAHAMAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SPLDV DI SMP N 1 KEC. PAYAKUMBUH

Rahmi, Yugita (Unknown)
Ramdhani, Vivi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman matematisnya dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel(SPLDV). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP N 1 Kec.Payakumbuh sebanyak 10 orang. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan lembar tes kemampuan pemahaman matematis dan wawancara tidak terstruktur. Subjek penelitian yaitu 3 orang siswa dengan hasil tes kemampuan pemahaman matematis terendah. Berdasarkan hasil tes dan wawancara dapat disimpulkan bahwa terdapat kesulitan pada siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV dalam bentuk cerita berdasarkan pada kemampuan pemahaman matematisnya. Hal ini dapat kita lihat dari hasil skor rata-rata nya yaitu sebesar 48% yang termasuk ke dalam kategori sangat kurang. Adapun kesulitan-kesulitan yang di alami siswa yaitu Siswa belum memahami apa yang di tanyakan dalam soal, kurangnya ketelitian siswa dalam membaca soal, siswa kurang mampu dalam menyatakan soal cerita ke dalam simbol-simbol matematika, serta masih kurang mampu memisalkan istilah karena masih kesulitan dalam mengklasifikasikan objek yang diketahui dalam soal, siswa kesulitan dalam menerapkan konsep penyelesaian secara algoritma dengan metode yang tepat, siswa kesulitan dalam menghubungkan berbagai konsep dalam penyelesaikan soal, dan rasa malas siswa untuk membaca soal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Citra Pendidikan mengkaji tentang hasil hasil penelitian dalam bidang: 1. Pendidikan (Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Tinggi, Pendidikan Vokasi) 2. Pembelajaran dan Media Pembelajaran 3. Pengembangan model/program ...