Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan peneliti pada peserta didik kelas V SD. Permasalahan tersebut adalah rendahnya sikap kepemimpinan peserta didik yang disebabkan oleh minimnya pemberian kesempatan dan pengalaman untuk memimpin suatu kelompok. Peran kepemimpinan dalam mengoordinir, mengorganisasi tugas, menjadi teladan, dan menjalankan tanggung jawab yang diberikan masih belum berjalan secara optimal. Maka dari itu peneliti berusaha untuk melatih dan meningkatkan sikap kepemimpinan tersebut pada diri peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif strategi student team heroic leadership dan peningkatannya terhadap sikap kepemimpinan siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc.Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis observasi sikap kepemimpinan peserta didik pada saat proses pembelajaran dengan indikator dari sikap kepemimpinan yaitu kemampuan beradaptasi dalam kelompok, keterampilan bekerja sama, kemampuan berkomunikasi, keterampilan sosial, manajerial, dan tanggung jawab. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif strategi student team heroic leadership dapat meningkatkan sikap kepemimpinan siswa kelas V di sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024