Penelitian ini membahas tentang pengembangan media e-comic berbasis Comic Life pada materi pertempuran Surabaya kelas XI SMA Negeri 10 Pekanbaru. Tujuan penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pengembangan media e-comic berbasis Comic Life, 2) untuk mengetahui respon siswa terhadap kelayakan media e-comic berbasis Comic Life pada materi pertempuran Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (RD) yaitu untuk memvalidasi dan mengembangkan produk. Model pengembangan yang digunakan pada peneltian ini menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluate). Hasil penelitian ini menunjukkan jumlah penilaian yang diberikan oleh ahli media adalah 67 dengan persentase sebesar 95,7% dan nilai validasi tersebut masuk dalam kategori “Sangat Layak”, penilaian ahli materi adalah 53 dengan persentase 88% dan masuk dalam kategori “Sangat Layak”, Penilaian dari kelompok kecil di kelas XI IPA 2 berjumlah 7 siswa sebesar 387 dengan persentase 85% dengan kategori “Sangat Layak” dan untuk kelompok besar di kelas XI IPA 5 berjumlah 34 siswa memperoleh 2030 dengan persentase 91,85% masuk kedalam kategori “Sangat Layak”.
Copyrights © 2024